• KALENDER ANDA

    Mei 2008
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • PILIH DI SINI

  • LOG IN / OUT

  • Laman

KEBANGKITAN NASIONAL JANGAN JADI KEBANGKRUTAN NASIONAL

Kita semua tahu tiap tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional. Di hari-hari seperti ini mulai tataran birokrasi (pemerintahan), media massa, dan kelompok-kelompok masyarakat lain selalu mendengungkan rasa nasionalisme keindonesiaan. Tetapi anehnya kita makin jauh dari rasa keindonesiaan itu. Rasa keindonesiaan adalah rasa gotong royong, rasa religius, dan rasa satu nusa/tanah air/bangsa/bahasa. Tetapi sebenarnya yang lebih penting adalah juga rasa keadilan dan kesejahteraan sebagai bangsa. Selama kedua rasa terakhir itu tidak terjamah jangan harap isme keindonesiaan akan melekat.

Yang dapat memasak kedua rasa itu adalah para pemimpin bangsa yang ada di seluruh lapisan negara Indonesia. Mulai Presiden sampai pada Lurah atau Kepala Desa. Bila pemimpin-pemimpin kita secara keseluruhan tidak menjejakkan kaki kepemimpinannya pada dua rasa itu niscaya huru-hara, anarkhisme, pertentangan klas-klas sosial, dan separatisme akan selalu muncul. Resep memasak ke dua rasa ada dalam kebijakan-kebijakan dan aplikasi kebijakan para pemimpin kita. Ini berarti resep memasak mereka selama ini belum tepat hingga cita rasa keadilan dan kesejahteraan masih jauh dari harapan. Keadaan tinggalan pemerintahan masa lalu selalu menjadi beban berkepanjangan pemerintahan penerusnya. Tidakkah pemerintahan seterusnya itu berani mengambil langkah-langkah membuat resep ampuh memasak rasa keadilan dan kesejahteraan ?

Ketakutan selalu menghantui mereka karena takut sanksi internasional, tetapi tidak takut menderitakan rakyat sendiri.

Kita sangat mengharap kebangkitan nasional ini tidak menjadi kebangkrutan nasional. Lucu kedengarannya tetapi tidak mustahil bangsa kita akan mengalami kebangkrutan bilamana pemimpin bangsa ini tidak punya rasa kebangsaaan. Lihat saja beberapa tanda yang mengarah kepada kebangkrutan sudah jelas. Hutang luar negeri yang menumpuk, sumber daya strategis yang dikuasai pemodal asing, manajemen ekonomi yang tidak berbasis dasar negera, dan masih banyak lainya.

Semoga 20 Mei ini memunculkan keberanian para pemimpin kita membangkitkan bangsanya, rakyatnya untuk berkeadilan dan berkemakmuran. Amin

Iklan

4 Tanggapan

  1. Sekiranya ada obor yang dapat memancarkan sinar kebahagiaan…
    Walau berada di atas bukit yang terjal…
    Kan ku tapaki walau darah ini bercucuran…

    Harapanku :

    Semoga negeri ini bangkit dari keterpurukan sehingga masyarakatnya dapat menikmati cita rasa kesejahteraan!

  2. Istilah Kebangkrutan Nasionl sangat pas untuk dijadikan tema dalam Harkitnas kali ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan negara sekrang sudah menunjukan gejala-gejala pailit alias bangkrut. Kalau memang kenyataannya begini kenapa juga kita mesti takut dengan adanya kebangkrutan. Kalau menurut saya, lebih baik Indonesia hancur lebur dulu baru kemudian bangkit. Ingat yang dikatakan pak Fanani di sela-sela perayaan harkitnas di PGSD kemarin, Bangkit itu karena adnya suatu kematian. Jadi kita harus bersiap-siap untuk mati. MERDEKA

  3. Terima kasih atas semua kepedulian anda terhadap berbagai masalah bangsa ini. Terus berjuang untuk Indonesia yang kuat, adil dan sejahtera !

  4. semakin ngeri sama tingkah koruptor itu ARGHHH!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: