• KALENDER ANDA

    Februari 2009
    S S R K J S M
    « Jun   Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
  • PILIH DI SINI

  • LOG IN / OUT

  • Laman

PEMILU 2009 JANGAN SAMPAI MEMILUKAN

Tahun 2009 ini betapa gegap gempitanya republik. Tentu yang penting karena adanya Pemilu, Pileg dan Pilpres. Lihat saja jalanan di segenap nusantara dan media massa maupun elektronik (TV dan Radio), saat ini marak dengan “iklan” para calon legislatif, calon presiden dan bendera-bendera Partai Politik. Orang asing, termasuk Menlu Amerika Serikat, Hillary Clinton, tentu merasakan kemarakan “iklan” tersebut. Apalagi kita warga yang setiap hari lalu lalng di jalanan… wah semarak sekali. Ada gambar dan bendera ukuran mini ada pula yang ukuran sedang dan tidak sedikit yang ukuran raksasa. Aneka kiat yang disampaikan melalui “iklan-iklan” tersebut. Tujuannya satu PILIHLAH AKU, PILIHLAH PARTAIKU.

Di sisi lain rakyat yang melihat dan mendengar “iklan” tersebut terbagi dalam tiga kategori yang agak samar. Pertama terkagum-kagum dan menyanjung karena isinya yang dianggap sangat mereka harapkan selama ini. Kategori ini banyak dimiliki oleh rakyat “terpinggirkan” yang selama ini menganggap pemerintah yang ada tidak becus ngurusi rakyat. Kemungkinan lain adalah mereka memang pendukung capres atau parpol yang bersangkutan. Kategori kedua peduli tapi mengevaluasi. Golongan ini merupakan masyarakat yang tergolong berpendidikan. Mereka menikmati iklan tetapi berpikir kritis. Kategori terakhir adalah mereka yang sama sekali tidak “pusing dengan manuver-manuver iklan capres atau parpol. Mereka menganggap capres atau parpol sama saja (sama bohongnya), “setelah jadi ya lupa lagi”.

Sisi lain yang tidak kalah menariknya adalah sumber dana yang dipakai oleh caleg/capres/parpol. Dari mana duitnya ? Iklan besar-besaran yang digunakan jangan-jangan hasil pekerjaan yang nggak benar. Anggapan umum yang berkembang adalah karena untuk jadi anggota dewan dan presiden memerlukan modal maka setelah jadi yang harus mengembalikan modal. Nah ini yang memilukan. Jadi jangan sampai pemilu ini berakibat memilukan, baik bagi calon maupun bagi rakyat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: