• KALENDER ANDA

    Juni 2011
    S S R K J S M
    « Mar   Jul »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • PILIH DI SINI

  • LOG IN / OUT

  • Laman

PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (Sebuah Gagasan)

Pendidikan karakter kini menjadi aktual untuk dibicarakan dan digagaskan karena menguatnya fakta makin jauhnya manusia Indonesia dari nilai-nilai keluhuran universal dan nilai keluhuran nasional, bahkan lokal. Tudingan pertama tentu diarahkan pada gagalnya pendidikan nasional yang belum mampu mencetak manusia Indonesia seperti yang ditetapkan dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional. Praktek-praktek yang dipertontonkan oleh kebanyakan masyarqakat pengguna jalan raya yang tidak disiplin, pejabat negara yang koruptif dan manipulatif, hukum “pokoknya kami yang paling benar”, keadilan yang dipermainkan, kejujuran yang diganjar dengan hukuman atau pemaksaaan, dan masih banyak lainnya adalah contoh-contoh yang hampir tiap hari dapat ditemukan.

Di sisi lain, pembelajaran di kelas/sekolah lebih mengutamakan pengetahuan daripada mengimbanginya dengan nilai-nilai karakter atau sikap yang sebenarnya bukan hal baru bagi guru.

Pembelajaran sains yang menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan dengan muatan tujuan produk, proses dan ketrampilan sosial, terutama dilakukan sejak sekolah dasar diyakini mampu memberikan sumbangan besar bagi terbentuknya lulusan yang berkualitas seperti yang diharapkan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional. Artikel berikut akan melengkapi pandangan tentang pembelajaran sains yang bermuatan pendidikan sains (BACA INI PENDIDIKAN KARAKTER

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: