• KALENDER ANDA

    Juli 2011
    S S R K J S M
    « Jun   Jan »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • PILIH DI SINI

  • LOG IN / OUT

  • Laman

SELAMAT ULANG TAHUN PAK POLISI !

Polisi “Bhayangkara” Indonesia kita 1 Juli 2011 ini berulang tahun ke 66 sebuah usia yang cukup tua untuk ukuran manusia. Banyak sudah kisah yang dibuatnya, namun akan makin banyak lagi kisah yang akan dibuatnya pada tahun, dekade, dan abad yang akan datang.

Sebagai sebuah institusi yang dapat disebut “SUPER BODY”, karena ruang lingkup tugasnya mencakup semua bidang kehidupan masyarakat, polisi dituntut menjalankan tugasnya “MELINDUNGI dan MELAYANI” dengan memuaskan. Tugas berat itu tidak mudah dilakukan polisi kita dalam perspektif luas.

Perkembangan kehidupan politik (ideologi), ekonomi, sosial, budaya dan teknologi yang cepat karena perkembangan global membuat polisi sering kedodoran karena melebarnya tugas yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa dan negara ini. Tugas polisi mulai dalam perut bumi, perairan, hutan, gunung, dan di atas permukaan, mulai urusan pertanian hingga penerbangan, mulai pergudangan hingga perkantoran semua mengandung tugas yang berdimensi kepolisian. Di sisi lain jumlah dan mutu polisi masih belum memadai untuk ikut melindungi dan melayani semua itu.

Kepolisian negara ini perlu terus membenahi dirinya, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas. Mutu institusi dibentuk dari karakter-karakter individu yang ada di dalamnya. Karakter-karakter itu terbentuk dari nilai-nilai yang diyakini, dilatihkan dan dibiasakan dalam kehidupan tugas institusi. Karakter yang baik itu dapat dimiliki tentu melalui sistem rekrutmen yang sehat dan pemberian keteladanan oleh para pimpinan terutama pimpinan terdekatnya. Mengenai jumlah polisi yang harus ditambah bukanlah sekedar karena paradigma rasio polisi dan rakyat, tetapi lebih pada luasnya wilayah dan bidang tugasnya.

Pak polisi apa pun kami memerlukanmu, tetap senyum walaupun tidak di hari ulang tahunmu, tetaplah tegas walaupun di hari naasmu… Tak mempan oleh goda, tak jauh dari taqwa. Semoga tulisan ini mendorongmu Pak Polisi…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: